PEMBELAJARAN INSYA MUWAJJAH
UJIAN TENGAH SEMESTER
PASCA SARJANA PENDIDIKAN BAHASA ARAB
MATKUL : METODOLOGI PEMBELAJARAN BAHASA ARAB
DOSEN PENGAMPU:
Dr. H. Abdurochman, M.Ed.
Dr. Rodhy Harisca, M.Ed.
OLEH : M. ZAINAL MUSTHOFA
PEMBELAJARAN INSYA MUWAJJAH
A.
Strategi
pembelajaran
Sebelum
membahas tentang berbagai macam strategi yang digunakan dalam pembelajaran
kitabah, untuk lebih jelasnya penulis akan memaparkan pengertian strategi
pembelajaran terlebih dahulu. Nana Sudjana mengatakan bahwa strategi
belajar-mengajar merupakan tindakan guru melaksankan rencana mengajar, yaitu
usaha guru dalam menggunakan beberapa variabel pengajaran (tujuan, metode,
alat, serta evaluasi) agar dapat mempengaruhi siswa mencapai tujuan yang telah
ditetapkan. Dengan demikian, ia adalah usaha nyata guru dalam praktik mengajar
yang dinilai lebih efektif dan efisien, atau politik dan taktik guru yang
dilaksanakan dalam praktik mengajar di kelas.
strategi belajar-mengajar sebagai pola umum perbuatan guru-murid
di dalam perwujudan kegiatan belajar-mengajar. Sementara itu, strategi
belajar-mengajar sebagai model-model mengajar. Kemudian strategi belajar mengajar sebagai operasionalisasi dari
desain pembelajaran/tindakan nyata dari rencana mengajar. Kedua,
strategi belajar-mengajar sebagai pemikiran abstrak konsepsional.
Memperhatikan
beberapa pengertian strategi pembelajaran di atas, dapat disimpulkan bahwa
strategi pembelajaran merupakan cara-cara yang akan dipilih dan digunakan oleh
seorang pengajar untuk menyampaikan materi pembelajaran sehingga akan memudahkan
peserta didik menerima dan memahami materi pembelajaran, yang pada akhirnya
tujuan pembelajaran dapat dikuasainya di akhir kegiatan belajar.
Strategi
pembelajaran harus mengandung penjelasan tentang metode/prosedur dan teknik
yang digunakan selama proses pembelajaran berlangsung. Dengan
perkataan lain, strategi pembelajaran mengandung arti yang lebih luas dari
metode dan teknik. Artinya, metode/prosedur dan teknik pembelajaran merupakan
bagian dari strategi pembelajaran. Hubungan antara strategi, tujuan, dan metode
pembelajaran dapat digambarkan sebagai suatu kesatuan sistem yang bertitik
tolak dari penentuan tujuan pembelajaran, pemilihan strategi pembelajaran, dan
perumusan tujuan, yang kemudian diimplementasikan ke dalam berbagai metode yang
relevan selama proses pembelajaran berlangsung.
Strategi yang dapat digunakan untuk pembelajaran kitabah dari
berbagai tujuan yang telah dipaparkan sebelumnya diantaranya adalah sebagai
berikut:
1.
Menggandeng Huruf
a. Tujuan
Agar siswa mengenal abjad dan melatih mereka menggandeng huruf-huruf hijaiyah.
b. Alat
yang digunakan Kertas, pulpen, dan buku Iqra’ sebagai peraganya.
c. Prosedur
Guru menyediakan gambar sebagai kata kunci, dan potongan kalimat.
d. Guru
membagi selembar kertas kepada masing-masing siswa yang berisi gambar sebagai
kata kunci, dan beberapa potongan kalimat yang disertai terjemahnya.
e. Biarkan
siswa menggandeng kalimat yang terpotong itu menjadi susunan yang benar.
Perhatikan contoh berikut:
2.
Menulis
Kata Sambung
a. Tujuan
Melatih siswa menulis kata sambung.
b. Alat
yang digunakan Kalimat dan kumpulan kata sambung.
c. Prosedur
Guru membagikan satu kertas berisi kalimat pertanyaan, dan satu kertas kata
sambung dalam bentuk gambar.
d. Guru
meminta siswa untuk menjawab pertanyaan dengan melengkapi kalimat menggunakan kata
sambung secara benar dan cocok. Perhatikan contoh berikut:
في – من – على – لكن
– و – أيضا – إلى |
أ) القلم
________ المكتب ______ الكتاب ______ المحفظة. ب) ذهب
خالد _____ المدرسة و حمل الكتب ______ يديه. ج) بيتي
بعيد ______ المدرسة وبيت صديقي قريب _____ها د) عادل
حزين ______ خالد سعيد ه) الأسرة
غنية وخالد ________ |
3.
Menulis
Kata Kerja
a. Tujuan
Melatih siswa menulis kata kerja bahasa Arab
b. Alat
yang digunakan Kalimat dan kumpulan kata kerja
c. Prosedur Guru
membagikan kertas yang berisi tugas dalam bentuk game kelompok.
d. Guru
meminta siswa menjawab pertanyaan dengan melengkapi kata kerja. Perhatikan
contoh berikut:
خرجت – حمل – نظر –
كتبت – ينام – يغلق – اشترى
– ذهبت |
أ) _______
الأم من البيت و _____ إلى السوق صباحا. ب) ______الأب
الهدايا من المدينة و _____ ملابسا جديدا. ج) حميد
_____ في سريره و ______ باب حجرته. د) ______
فاطمة الرسالة لصديقتها في القرية. ه) _______
الطلاب مناظرا جميلا من السيارة. |
4.
Menulis
Harakat
a. Tujuan
Menguatkan pemahaman siswa tentang bunyi dan harakat, menulis huruf gundul
(tidak berharakat), mengidentifikasi bunyi harakat dari sebuah huruf, mengenal
abjad, tulisan dan harakatnya. Permainan ini dijadikan sebagai langkah awal
melatih kemampuan siswa dalam membaca, menulis, dan gramatika.
b. Alat
yang digunakan Alat tulis
c. Prosedur
d. Guru
menyediakan selembar kertas yang berisi tulisan Arab gundul, bagikan
kepada siswa.
e. Guru
meminta siswa untuk menulis (mengharakati) lafal gundul sehingga dapat dibaca
dan diterjemahkan.
f.
Lafal atau teks yang ditulis oleh
guru harus menyesuaikan dengan kondisi siswa dari segi pengenalan huruf
Hijaiyah, kosakat (mufradat), maupun struktur kalimat. Perhatikan contoh
berikut:
1. السلام عليكم 2. حميد يكتب الدرس في
الحجرة. 3. في يوم
العطلة, سافر ت الأسرة إلى قرية جدي. 4. المدرس يعلم الطلاب
في الفصل. |
|
6. Ini
Huruf Akhirku
a. Tujuan
Agar
siswa mampu menulis kosakata bahasa Arab dengan baik dan benar.
b. Alat
yang digunakan
Set
kartu yang bertuliskan abjad Arab yang ditaruh di amplop, misalnya:
م |
د |
ص |
ب |
ك |
كِتَابٌ |
ب |
kartu huruf ini dikembangkan dan ditulis di papan menjadi
kata yang memiliki arti. Misalnya:
c. Prosedur
Guru
membagi siswa dalam beberapa kelompok, satu kelompok terdiri atas beberapa
orang.
Masing-masing
kelompok mendapatkan satu set kartu, dan setiap kelompok mengutus satu orang
sebagai wakil untuk menulis di papan tulis.
Pemenangnya
adalah kelompok yang memperoleh kata terbanyak dan memiliki arti.
7. Benarkan
yang Salah
a. Tujuan
Melatih
siswa dalam kompetensi menulis, meningkatkan kemampuan analisis siswa, siswa
dapat menganalisis dan mengoreksi kesalahan tulis satu dengan yang lainnya.
b. Alat
yang digunakan
Pulpen,
kertas, dan papan tulis.
c. Prosedur
Guru
menyediakan kertas kosong
Mintalah
siswa menulis sebanyak lima mufradat dan terjemahannya.
Sebelumnya, mintalah siswa mengisi nama, kelas, dan nomor absen pada kertas
tersebut.
Kumpulkan
semua kertas yang sudah mereka kerjakan, lalu bagikan lagi secara acak. Jangan
sampai siswa memperoleh kertas dengan namanya sendiri.
Nama : Kelas : No.
Absen : |
Mintalah siswa mengoreksi kesalahan penulisan abjad,
istilah kosakata, dan terjemahannya.
8. Word
Net
a. Tujuan
Melatih
ekspresi dan imajinasi siswa. Selain itu, juga untuk memperluas kata benda dan
kata kerja menjadi kata sifat atau kata keterangan.
b. Alat
yang digunakan
Lembar
jawaban dan kartu (yang berisi kartu kata benda dan kartu kata kerja di kertas/
kartu lain).
c. Prosedur
Bentuk
siswa ke dalam beberapa kelompok
Masing-masing
kelompok harus memperluas dengan sebanyak-banyaknya kata sifat jika kartu
berisi kata benda, dan memperluas kata keterangan jika kartu berisi kata kerja.
Perhatikan contoh:
بَيْتٌ |
كبير |
واسع |
نظيف |
ضيق |
صغير |
9. Kartu
Namaku
a. Tujuan
Melatih
siswa membuat kartu nama.
b. Alat
yang digunakan
Lembar
kartu yang disediakan oleh guru.
c. Prosedur
Bentuklah
siswa ke dalam beberapa kelompok.
Setiap
kelompok diberi kartu kososng.
Setiap
siswa membuat kartu nama dalam bahasa Arab. Kartu tersebut berisi nama, alamat,
sekolah, nomor telepon, dan lain sebagainya.
Kartu
nama dikumpulkan dalam seduah kotak.
Guru
mengacaknya, kemudian kartu nama ditukar dan dibagikan kepada antar kelompok,
dan mereka saling mengoreksi.
Kartu
nama ditukar dengan kelompok lain, dan kelompok lain menuliskan sesuatu kabar
kepadanya.
10. Musyarakat
al-Kitabah al-Fa’alah
a. Tujuan
Membuat
siswa siap mengeksplorasikan gagasannya lewat tulisan, untuk melihat tingkat
kemampuan siswa dalam menulis dan untuk membentuk kerjasama tim.
b. Alat
yang digunakan
Pulpen,
kertas, dan papan tulis.
c. Prosedur
Guru membuat
pertanyaan-pertanyaan yang dapat memotifasi siswa untuk dapat membuat karangan
pendek sebagai jawaban pertanyaan tersebut. Misalnya:
ماذا تفعل فى المواقف الأتية !
أ. ستذهب
الى مرحلة لمدة ثلاثة أيام مع المدرسة
ب. طلب صديق لك ان تساعده فى حل
بعض المسائل، وانت مشغول.
ت. وصلتك بطاقة تهنئة بعيد
الفطر من خالك المفسر،
Minta
siswa untuk menjawab, sekaligus mengembangkan jawabannya dalam bentuk narasi
tulisan.
Minta
siswa untuk berkeliling mencari teman yang dapat membantunya bekerjasama
menjawab pertanyaan tersebut tekankan pada mereka untuk saling membantu.
Setelah
pertanyaan terjawab semuanya, siswa diminta untuk kembali ketempat duduknya
masing-masing. Jawaban-jawaban tersebut kemudian didiskusikan dari segi isinya
dan susunan kalimatnya.
11. Ta’bir
al-Shuwar
a. Tujuan
Untuk
melibatkan siswa dalam menemukan dan menuntut ide cerita secara sistematis
b. Alat
yang digunakan
Poster
(gambar lainnya), kertas, pulpen, dan papan tulis.
c. Prosedur
Siapkan
gambar yang sesuai dengan tema yang diajarkan kemudian tempelkan gambar di
papan tulis.
Siswa
diminta untuk mengidentifikasi gambar tersebut dan membuat tulisan secara
runtut dan logis dalam waktu yang sudah ditentukan.
Siswa
diminta untuk membacakan hasil tulisannya dan lainnya mengkritisi dari segi
tata bahasannya.
Guru
mengakhiri pembelajaran dengan menjelaskan kesalahan-kesalahan umum dalam
tulisan siswa.
12. Mafahim
Ra’isiyyah
a. Tujuan
Merangkum
isi teks wacana yang kemudian dituangkan dalam bentuk tulisan atau pembicaraan.
b. Alat
yang digunakan
Kertas,
pulpen, gambar, diagram, dan papan tulis.
c. Prosedur
Pilih
satu topik bahasan bagi siswa menjadi tiga atau empat kelompok.
Minta siswa untuk membaca dan menelaah topik yang telah
ditentukan, kemudian membuat rangkuman isi cerita dari bacaan tersebut dalam
bentuk gambar atau peta konsep.
Setelah selesai minta tiap kelompok, melalui juru
bicaranya untuk mempresentasikan hasilnya.
Bandingkan hasil telaah pemikiran mereka.
Evaluasi dan arahkan pola pikir mereka hingga skema yang
dibuat terarah dengan ide bacaan.
13. Kitabat al-Nasyarat
a. Tujuan
Untuk
melibatkan siswa sejak awal dalam merespon proses belajar mengajar di kelas.
b. Alat yang digunakan
Kertas,
pulpen, dan papan tulis.
c. Prosedur
Bagikan
kertas pada siswa
Siswa
diminta menulis pada kertas yang telah disediakan tentang apa yang telah mereka
pelajari hari ini, atau berupa evaluasi terhadap PMB atau juga dapat berupa
tanggapan dan harapan yang mereka inginkan pertemuan berikutnya. Contoh:
هل
فهمت هذا الدرس ؟
ماذا
تعلمت من هذا الدرس ؟
ما
رأيك في طريقة تعليم المدرس ؟
Jika
waktu memungkinkan, guru memberikan komentar atau jawaban terhadap tulisan
mereka.
14. Kitabat al-Ma’lumat
a. Tujuan
Untuk meningkatkan rasa peduli terhadap problematika
kehidupan kemanusiaan di luar kelas dan diharapkan siswa melek lingkungan
sekitar dan melihat permasalahan yang ada sebagai dari kehidupannya.
b. Alat yang digunakan
Kertas,
pulpen, media cetak dan elektronik.
c. Prosedur
Bagikan
kertas kepada siswa.
Siswa
diminta untuk menulis informasi seputar problematika kehidupan yang mereka
peroleh lewat media cetak, media elektronik, ataupun lewat pengamatan mereka
atas realitas hidup manusia.
Setiap
siswa diminta memmpresentasikan tulisannya satu persatu.
Guru
memberikan komentar terhadap tulisan tersebut.
15. In’ikas al-Maudlu’
a. Tujuan
Untuk
mengeksplorasikan objek langsung lewat kacamatanya.
b. Alat yang digunakan
Gambar,
kertas, pulpen
c. Prosedur
Guru
menyediakan gambar atau mengajak siswa keluar kelas untuk melihat langsung obyek
yang akan ditulis (upayakan objek yang disajikan sesuai dengan tema
pembelajaran).
Siswa
diminta memperhatikan gambar atau obyek langsung.
Siswa
diminta menulis tentang gambar atau obyek langsung tersebut secara runtut dan
logis.
Secara
perorangan, siswa diminta untuk mempresentasikan hasil tulisannya dan dosen
meminta alasan terhadap tulisan tersebut.
Pembelajaran
diakhiri dengan klarifikasi dari guru.
16. Mudzakarah Muwajjahah
a. Tujuan
Siswa
mampu memnuat catatan-catatan kecil dari materi yang akan disampaikan.
b. Alat yang digunakan
Bagan,
skema, kertas, pulpen
c. Prosedur
Guru
membacakan teks wacana secara lengkap, siswa diminta menyimak dengan baik.
Siswa
diberi teks wacana yang tidak lengkap (mengandung titik-titik) dan mereka
diminta untuk melengkapi teks tersebut berdasarkan informasi yang diperoleh
dari hasil istima’. Misalnya:
صلاح
الدين الا يوب . . . (١) . . . وقائد عظيم. عاش يحب العمل . . . (٢) . . . في سبيل
الله، فكان يعمل مع . . . (٣) . . . بيده ويساعدهم.
Teks tersebut dapat disempurnakan bila dilengkapi
kata-kata:
أ. جنوده
ب. مجاهد
ت. امراة[21]
Komentar