MANFAAT BUKU AJAR

 

MANFAAT BUKU AJAR

Oleh  : Sutri Rahma

NPM  : 2171030019

 

Buku ajar merupakan salah satu referensi terpenting yang harus dimiliki oleh seorang pendidik sebagai bekalnya dalam mengajar, agar tujuan pembelajaran dapat tercapai dengan baik. Sementara itu, pengertian buku ajar itu sendiri yakni seperangkat materi yang disusun secara sistematis, baik berupa buku teks maupun non-teks sebagai bahan ajar agar tercapainya tujuan pembelajaran yang sesuai dengan kompetensi-kompetensi yang ditetapkan dalam buku ajar.

Sebagaimana yang kita ketahui dalam Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) No 8 Tahun 2016 bahwasanya buku ajar merupakan perangkat operasioanl utama atas pelaksanaan kurikulum sebagai pendukung terlaksananya pengembangan pembelajaran bagi peserta didik dan pendidik. Dengan demikian, buku ajar diharapkan dapat memenuhi kriteria buku yang layak digunakan oleh satuan pendidikan.

Seperti halnya yang dijelaskan oleh Wasid dan Sunendar (2008: 126) setidaknya ada empat komponen yang harus diperhatikan dalam menetapkan buku ajar, di antaranya: komponen yang pertama  pelajaran hendakanya sesuai dengan kurikulum agar tercapainya tujuan instruksional. Komponen kedua, materi pelajaran hendaknya memperhatikan tingkatan-tingkatan pendidikan serta memperhatikan perkembangan peserta didik pada umumnya. Selanjutnya komponen ketiga, materi pelajaran yang tertuang dalam buku ajar hendaknya tersusun secara sistematik dan berkelanjutan. Sedangkan komponen keempat yakni, materi pelajaran diharuskan mencakup hal-hal yang bersifat faktual dan konseptual, untuk mencapai tujuan isntruksional serta pencapaian pada fungsi dari bahan ajar tersebut.

Mengingat pentingnya buku ajar dalam proses pembelajaran, maka dalam pembelajaran Bahasa Arab juga sangat diperlukan buku ajar sebagai sumber informasi pengetahuan terkait pembelajaran bahasa Arab itu sendiri.  Dalam hal ini, buku ajar bahasa Arab yang layak digunakan harus memenuhi berbagai krteria buku ajar yang baik sesuai dengan karakteristik buku ajar bahasa Arab. Sebagaimana dilansir dari Jurnal Arabiyatuna (Ramah, 2018:146) karakteristik buku ajar bahasa Arab bagi siswa Arab (native) dan non-Arab, seperti pendidikan bahasa Arab di Indonesia. Selain itu, buku ajar hendaknya memiliki karakteristik yang berbeda dengan buku ajar pada umumnya, seperti harus memperhatikan aspek bahasa, budaya, dan keadaan geografi setempat.

Dalam hal demikian, penulis menyimpulkan bahwa pengaruh buku ajar bahasa Arab yang baik harus sesuai dengan karakteristik buku ajar bahasa Arab yang mengacu  kurikulum satuan pendidikan. sehingga hal tersebut akan berdampak pada pencapaian keberhasilan peserta didik dalam memperoleh pengetahuan mengenai pembelajaran bahasa arab.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Mengungkap Sejarah dan Evolusi Bahasa Indonesia

HADIS TEMATIK PESERTA DIDIK

DEFINISI FIQIH AL-LUGHOH