BAHASA ARAB DAN KETERAMPILAN KALAM
BAHASA ARAB DAN KETERAMPILAN KALAM
Oleh : Salysa Nurwidiya
NPM : 2171030018
Paper ini disusun untuk memenuhi tugas mandiri
mata kuliah Metodologi Penelitian Pendidikan Bahasa Arab
Bahasa
merupakan sebuah media
yang menjadi wasilah komunikasi antara satu insan dengan yang lainnya. Bahasa
menjadi hal yang begitu penting kehadirannya dan tidak dapat dipandang sebelah
mata keberadaanya bagi berjalannya kehidupan umat manusia. Hal ini karena
bahasa juga berperan utama dalam berlangsungnya peradaban umat manusia, sejak
zaman dahulu kala pada masa Nabi Adam dan istrinya, Hawa hingga saat ini. Semua
orang memerlukan bahasa. Tentunya, sebagai sebuah hal yang memiliki peranan
yang sangat penting ini bahasa menjadi hal yang selalu menarik untuk dikaji dan
ditelaah sehingga kita mendapatkan keilmuan dan pengetahuan yang baru seputar
kebahasaan.
Bahasa Arab merupakan salah satu
dari banyaknya bahasa yang ada, yang jumlahnya ratusan atau bahkan jutaan di
Dunia. Bahasa Arab juga diyakini termasuk ke dalam bahasa yang sudah tua
usianya karena telah beratus-ratus tahun lalu sebelum Masehi digunakan oleh
umat manusia yang berada di daerah Timur Tengah sana (Hafidz Muftisany,
2021, 2). Bahasa Arab termasuk bahasa asing bagi orang-orang Indonesia
seperti kita, yang notabenenya bahasa ibunya bukan bahasa Arab melainkan bahasa
Indonesia. Lalu bagaimana langkah-langkahnya yang harus kita tempuh jika kita
tertarik untuk mempelajari bahasa Arab, yang seperti kita tahu bahwa bahasa Arab
itu merupakan bahasa 2 pedoman kita selaku umat Islam dalam menjalani kehidupan
selama di dunia, yaitu Al-Qur’an dan Al-Hadist?
Dalam beberapa buku bacaan dan
literatur yang telah saya baca sebelumnya, apabila kita tertarik atau
berkeinginan untuk mempelajari sebuah bahasa asing maka langkah pertama yang
harus dilakukan adalah menemukan pembelajaran bahasa yang baik dan sistematis.
Bahasa Arab memiliki 4 keterampilan atau kecakapan yang harus dikuasai sebagai
syarat bagi seseorang agar ia menjadi sosok yang mahir, paham dan menguasai
bahasa Arab secara kaffah (komprehensif). 4 keterampilan itu diantaranya adalah
keterampilan menyimak (istima’), keterampilan berbicara (kalam),
keterampilan membaca (qira’ah), dan keterampilan menulis (kitabah)
(Acep Hermawan, 2011, 110). Dari 4 jenis keterampilan di atas, penulis
merasa tertarik dengan keterampilan kalam, yaitu kecakapan dalam
berbicara. Karena rata-rata hampir semua orang yang mempelajari bahasa asing
itu tujuan utamanya adalah lancar dalam berbicara bahasa asing tersebut. Kalau
dalam bahasa Indonesia istilahnya cas cis cus, begitu. Dalam hal ini
juga tujuan yang penulis ingin capai dalam mempelajari bahasa Arab adalah agar
penulis mampu berkomunikasi langsung dengan penutur bahasa Arab asli, yaitu yang
berada di negara bagian Timur Tengah sana dengan lancar.
Keterampilan kalam
atau kecakapan dalam berbicara ini secara luas maknanya adalah apabila seseorang
itu secara sadar mampu mengungkapkan bunyi-bunyi verbal (dalam hal ini berarti
bunyi-bunyian bahasa Arab) kepada lawan bicaranya (bisa penutur Arab asli/tidak
yang penting bisa berbahasa Arab), mampu secara kaidah kebahasaannya, menguasai
banyak kosa kata (mufrodat) yang sewaktu-waktu dapat diucapkan dan
diekspresikan sesuai dengan situasi dan kondisi serta konteks dimana ia
berbicara, dengan siapa, kapan dan mengenai hal apa. Nah, dengan demikian
artinya apabila seseorang ingin memiliki skill berbicara bahasa Arab
yang baik dan benar berarti setidaknya ia harus memiliki pengetahuan minimal
mengenai grammar, kosa kata, dan pengetahuan secara kontekstual tentang
bagaimana bahasa itu digunakan oleh penutur di tempat aslinya. Sekilas dapat
dipahami bahwa kemampuan berbicara ini membutuhkan ilmu-ilmu penunjang yang
lainnya, tidak asal saja kita berbicara tanpa aturan. Tidak serta merta kita
baru hafal beberapa kosa kata lantas diucapkan begitu saja tanpa kaidah yang
ada.
DAFTAR PUSTAKA
Hermawan, Acep. 2011. Metodologi Pembelajaran
Bahasa Arab. Bandung: PT Remaja Rosdakarya
Muftisany, Hafidz. 2021. Dahsyatnya Bahasa Arab.
Jakarta: CV Intera
Komentar