BAHASA ARAB DAN KETERAMPILAN KALAM

 

BAHASA ARAB DAN KETERAMPILAN KALAM

Oleh : Salysa Nurwidiya

NPM : 2171030018

Paper ini disusun untuk memenuhi tugas mandiri mata kuliah Metodologi Penelitian Pendidikan Bahasa Arab

Bahasa merupakan sebuah media yang menjadi wasilah komunikasi antara satu insan dengan yang lainnya. Bahasa menjadi hal yang begitu penting kehadirannya dan tidak dapat dipandang sebelah mata keberadaanya bagi berjalannya kehidupan umat manusia. Hal ini karena bahasa juga berperan utama dalam berlangsungnya peradaban umat manusia, sejak zaman dahulu kala pada masa Nabi Adam dan istrinya, Hawa hingga saat ini. Semua orang memerlukan bahasa. Tentunya, sebagai sebuah hal yang memiliki peranan yang sangat penting ini bahasa menjadi hal yang selalu menarik untuk dikaji dan ditelaah sehingga kita mendapatkan keilmuan dan pengetahuan yang baru seputar kebahasaan.

Bahasa Arab merupakan salah satu dari banyaknya bahasa yang ada, yang jumlahnya ratusan atau bahkan jutaan di Dunia. Bahasa Arab juga diyakini termasuk ke dalam bahasa yang sudah tua usianya karena telah beratus-ratus tahun lalu sebelum Masehi digunakan oleh umat manusia yang berada di daerah Timur Tengah sana (Hafidz Muftisany, 2021, 2). Bahasa Arab termasuk bahasa asing bagi orang-orang Indonesia seperti kita, yang notabenenya bahasa ibunya bukan bahasa Arab melainkan bahasa Indonesia. Lalu bagaimana langkah-langkahnya yang harus kita tempuh jika kita tertarik untuk mempelajari bahasa Arab, yang seperti kita tahu bahwa bahasa Arab itu merupakan bahasa 2 pedoman kita selaku umat Islam dalam menjalani kehidupan selama di dunia, yaitu Al-Qur’an dan Al-Hadist?

Dalam beberapa buku bacaan dan literatur yang telah saya baca sebelumnya, apabila kita tertarik atau berkeinginan untuk mempelajari sebuah bahasa asing maka langkah pertama yang harus dilakukan adalah menemukan pembelajaran bahasa yang baik dan sistematis. Bahasa Arab memiliki 4 keterampilan atau kecakapan yang harus dikuasai sebagai syarat bagi seseorang agar ia menjadi sosok yang mahir, paham dan menguasai bahasa Arab secara kaffah (komprehensif). 4 keterampilan itu diantaranya adalah keterampilan menyimak (istima’), keterampilan berbicara (kalam), keterampilan membaca (qira’ah), dan keterampilan menulis (kitabah) (Acep Hermawan, 2011, 110). Dari 4 jenis keterampilan di atas, penulis merasa tertarik dengan keterampilan kalam, yaitu kecakapan dalam berbicara. Karena rata-rata hampir semua orang yang mempelajari bahasa asing itu tujuan utamanya adalah lancar dalam berbicara bahasa asing tersebut. Kalau dalam bahasa Indonesia istilahnya cas cis cus, begitu. Dalam hal ini juga tujuan yang penulis ingin capai dalam mempelajari bahasa Arab adalah agar penulis mampu berkomunikasi langsung dengan penutur bahasa Arab asli, yaitu yang berada di negara bagian Timur Tengah sana dengan lancar.

Keterampilan kalam atau kecakapan dalam berbicara ini secara luas maknanya adalah apabila seseorang itu secara sadar mampu mengungkapkan bunyi-bunyi verbal (dalam hal ini berarti bunyi-bunyian bahasa Arab) kepada lawan bicaranya (bisa penutur Arab asli/tidak yang penting bisa berbahasa Arab), mampu secara kaidah kebahasaannya, menguasai banyak kosa kata (mufrodat) yang sewaktu-waktu dapat diucapkan dan diekspresikan sesuai dengan situasi dan kondisi serta konteks dimana ia berbicara, dengan siapa, kapan dan mengenai hal apa. Nah, dengan demikian artinya apabila seseorang ingin memiliki skill berbicara bahasa Arab yang baik dan benar berarti setidaknya ia harus memiliki pengetahuan minimal mengenai grammar, kosa kata, dan pengetahuan secara kontekstual tentang bagaimana bahasa itu digunakan oleh penutur di tempat aslinya. Sekilas dapat dipahami bahwa kemampuan berbicara ini membutuhkan ilmu-ilmu penunjang yang lainnya, tidak asal saja kita berbicara tanpa aturan. Tidak serta merta kita baru hafal beberapa kosa kata lantas diucapkan begitu saja tanpa kaidah yang ada.

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

DAFTAR PUSTAKA

 

Hermawan, Acep. 2011. Metodologi Pembelajaran Bahasa Arab. Bandung: PT Remaja Rosdakarya

Muftisany, Hafidz. 2021. Dahsyatnya Bahasa Arab. Jakarta: CV Intera

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Mengungkap Sejarah dan Evolusi Bahasa Indonesia

HADIS TEMATIK PESERTA DIDIK

DEFINISI FIQIH AL-LUGHOH