MAHARAH QIRO’AH

 

Tugas Mingguan metodologi penelitian Bahasa Arab (abdul halim :2171030010)

MAHARAH QIRO’AH

Dalam pembelajaran bahasa arab terdapat empat komponen maharoh yang harus di capai dan di pelajari, apa saja dalam empat maharah tersebut?...empat maharah bahasa arab yang wajib kita pelajari yaitu; 1). Maharah kalam, 2). Maharah istima’, 3). Maharah kitabah, dan yang ke-4). maharah Qiro’ah. Nah,.... dari keempat maharah tersebut, penulis akan memaparkan salah satu maharah tersebut yaitu maharah qira’ah. Apa sih yang di maksud dengan maharah qira’ah?....

Maharah qiroah adalah sebuah keterampilan membaca, atau bahasa lainnya adalah komunikasinya antara pembaca dengan penulis sehingga di dalamnya terdapat hubungan kognitif antara lisan dan tulisan ( Ulin Nuha, metodologi super efektif pembelajaran bahasa arab: 2012. Hal 109 ). adanya keterampilan membaca (qiro’ah) pelajar mampu memahami materi khususnya dalam materi pembelajaran bahasa arab yang telah di sampaikan oleh para guru dan para ilmuan melalui sebuah tulisan/ buku, sehingga pelajar mampu menyerap ilmu/materi dengan baik dan luas.

Namun, disisi lain kita juga harus mempelajari maharah maharah yang lain guna mengimbangi penguasaan bahasa arab. Ketika kita belajar bahasa arab hanya menggunakan satu maharah tentunya masihkurang seimbang dalam pemahamannya dan juga dalam pengaplikasiannya secara realistis dalam kehidupan sehari hari kita. Contohnya jika kita belajar bahasa arab hanya sekedar membaca, tentunya kita akan sulit untuk berbicara menggunakan bahasa arab kalau tidak mempelajari maharah kalam. Selain dari mempelajari maharah kalam, kita juga harus mempelajari maharah kitabah dan istima’. Kenapa demikian?...... karena belajar bahasa arab itu menyangkut empat maharah tersebut, bahkan kemungkinan empat maharah itu tidak bisa kita pisahkan guna meningkatkan kualitas kita dalam belajarbahasa arab.

Maharah qiroah menurut penulis merupakah sebuah keterampilan bahasa arab yang wajib pertama kali kita gunakan dalam belajar kemudian dilanjutkan dengan maharah kalam dan untuk memperbaikinya atau untuk  mentashih/ tahsin bahasanya menggunakan maharah istima’ ( keterampilan mendengar)  sehingga kita dapat mengetahui bagaimana logat bahasa ataupun pelafalan pelafalan yang tepat atau standar dengan orang timur khususnya negara saudi arabia.

Dalam Kegiatan membaca itu mencakup 3 hal, yaitu:

1.      Makna sebagai unsur bacaan

2.      Kata sebagai unsur dalam membawakan makna

3.      Simbol tertulis sebagai unsur visual

 Tak kalah penting Dalam keterampilan membaca (maharah qiraah) perlu menggunakan media pembelajaran yan menarik sehingga pembaca tidak merasakan bosan dalam kegiatan ini.

Ulin Nuha, Metodologi Super Efektif Pembelajaran Bahasa Arab, (Jogjakarta: Divapres) 2012. Hal 109

 

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Mengungkap Sejarah dan Evolusi Bahasa Indonesia

HADIS TEMATIK PESERTA DIDIK

DEFINISI FIQIH AL-LUGHOH